Melirik Kehebatan Pertanian Organik Di Bali

melirik hebatnya pertanian di bali

Melirik Kehebatan Pertanian Organik Di Bali – Berbicara tentang sistem pertanian organik yang ramah lingkungan tidak lepas dari salah satu daerah di Indonesia yang memiliki keasrian dan pemandangan alam yang luar biasa, yaitu di daerah Bali. Selain terkenal dengan daerah yang memiliki keadaan atau pemandangan alam yang bagus daerah Bali juga memiliki tradisi pertanian organik yang terbaik di Indonesia, buktinya daerah ini sempat mendapatkan penghargaan dari pemerintah untuk menjadi daerah organik nomor satu  di Indonesia. Di daerah Bali juga terdapat banyak lahan pertanian yang di kembangkan langsung di bawah pengawasan pemerintah daerah sana. Pemerintah bahkan tidak segan segan menggandeng perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang pertanian organik baik itu dari dalam negeri maupun dari luar negeri seperti pertanian organik di australia.

Daerah Bali juga memiliki konsumen bahan organik yang sangat banyak mengingat cukup banyak turis asing maupun dalam negeri yang datang ke Bali tiap tahunnya. Mulai dari sayuran organik, buah organik hingga ke daging organik yang sebagian besar berasal dari luar pulau bali sendiri, membaca situasi yang demikian lah yang membuat pemerintah daerah sana bergerak cepat dengan membangun sistem pertanian organik yang ramah lingkungan.

Pertanian Organi Bali

Pemerintahan pulau Bali juga sedang menggalakkan Bali clean and green yang artinya Bali bersih dari sampah dan hijau serta asri untuk di tinggali. Dari hal itulah mereka mulai mengembangkan percontohan pertanian organik di kampung kampung dan kecamatan, agar para petani di daerah sana semua beralih ke sistem pertanian organik yang ramah lingkungan itu. Terutama para petani padi yang banyak di daerah Bali, mereka juga mengembangkan sistem padi jajar legowo atau SRI dengan sistem pertanian organik. Sehingga hasilnya jauh lebih banyak daripada menanam padi dengan sistem anorganik. Tak heran lah jika di pulau dewata menargetkan 2020 Bali bebas pestisida kimia, dan bahkan pemerintah sana juga menargetkan mampu menghidupi masyarakat di sana dengan tidak mendatangkan beras dari daerah lain.
Pagi Organi Siap Panen
Pagi Organi Siap Panen

Demikianlah kita sedikit belajar dari pulau bali yang sangat hebat dalam mengembangkan sistem pertanian organik di daerahnya, bagaimana dengan Pertanian Lamongan? atau daerah anda semuanya? baca juga artikel kami berikutnya, silahkan dibagikan jika dirasa bermanfaat untuk semuanya. Salam hangat selalu dari kami.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s