Cara Ampuh Mengendalikan Hama Mentimun

(Gapoktan Sekarsari : Cara Ampuh Mengendalikan Hama Mentimun) – Mentimun merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat bermanfaat untuk tubuh jika dikonsumsi. Buah ini memiliki kandungan air yang dapat membantu tubuh secara alami mengeluarkan bakteri dan menetralkan racun dalam tubuh. Sayuran satu ini digemari masyarakat untuk dibudidayakan mengingat banyak sekali manfaatnya.

mentimunBagi penderita darah rendah atau anemia, jangan sering mengonsumsi mentimun. Ini karena konsumsi mentimun secara berlebihan dapat menurunkan tekanan darah. Selain dimanfaatkan sebagai tanaman pangan, mentimun juga banyak digunakan dalam industri kecantikan.

Tanaman tersebut dipercaya sangat bermanfaat untuk membuat kulit tampak lebih lembap dan mengatasi wajah berminyak. Banyak produk kecantikan mengandung ekstrak mentimun di dalamnya. Masker wajah dari mentimun pun bisa Anda buat sendiri.

Mentimun sama seperti tanaman sayuran lainnya yang memerlukan perawatan intensif. Ada banyak jenis penyakit dan hama yang bisa dengan mudah menyerangnya. Berikut beberapa hama mentimun dan cara pengendaliannya.

  • Kumbang atau kutu kayu, biasanya dikenal juga dengan nama oteng-oteng. Hewan ini senantiasa merusak dengan memakan daging daun dan membuatnya menjadi bolong. Cara mengatasinya terbilang cukup mudah, yaitu menggunakan pestisida, baik itu pesona maupun natural BVR.
  • Ulat tanah. Tidak hanya mentimun, tetapi segala macam tanaman bisa dengan mudah diserang olah hama yang satu ini. Biasanya ulat tersebut akan memakan daun ataupun batang sehingga pertumbuhan tanaman akan terhambat. Jika sudah seperti ini, Anda bisa menggunakan pestisida untuk memberantasnya. Ada banyak pilihan pestisida diantaranya natural mentilat.
  • Pembusukan daun. Satu masalah yang sering dialami adalah bagian daun yang secara tiba-tiba membusuk. Penyakit ini sering kali menyebabkan kerugian para petani mentimun. Untuk menghindarinya, berikan aturan GLIO sebelumnya agar daun tidak mudah terserang penyakit ini.
Tanaman Mentimun
Tanaman Mentimun
  • Ternyata tidak hanya sapi atau hewan saja yang bisa terkena penyakit antraks, mentimun pun bisa. Penyakit ini biasanya akan menyerang dengan gejala berupa bercak-bercak coklat pada daun yang semakin lama akan menyebabkan pembusukan. Penanganannya sama dengan pembusukan pada daun, yaitu pemberian natural GLIO.
  • Ada cukup banyak jenis virus yang biasa menyerang tanaman ini. Serangan virus ditandai dengan warna daun yang menjadi belang, mengerut, dan juga akan menggulung.

Demikianlah jenis penyakit dan hama yang sering kali menyerang tanaman mentimun. Jika ingin membudidayakan mentimun, jangan lupa menyiapkan pestisida untuk mengatasi hama dan penyakitnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s