Galur Harapan Unggul Varietas Kedelai Lahan Basah

Berbagai upaya dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) untuk mencapai target swasembada pangan. Salah satunya dengan mengembangkan varietas unggul baru kedelai yang toleran dengan kondisi jenuh air atau lahan basah.

Pemulia kedelai dari Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) Ir. Suhartina, M.P. beserta Tim mengajukan dua galur harapan untuk direkomendasi sebagai varietas unggul baru.

Calon Varietas Unggul Kedelai Lahan Basah

Galur pertama adalah GH Sib/LJT-137, merupakan turunan silang tunggal antara varietas Sibayak dan Lokal Jateng-A. Dikenal sangat tahan terhadap kondisi tanah yang jenuh air, menghasilkan biji rata-rata 2.38 t/ha dengan potensi hasil 2.75 t/ha.

Selain itu, umur masaknya 80 hari, memiliki ukuran biji besar 14.8 g/ 100 biji, dan galur ini agak tahan penggerek dan pengisap polong serta penyakit karat daun.

Galur kedua yaitu GH Tgm/Anj-750 adalah turunan silang tunggal antara varietas Tanggamus dan Anjasmoro. Jenis ini dikenal tahan terhadap kondisi tanah yang jenuh air, dengan rata-rata hasil bijinya mencapai 2.39 t/ha serta potensi hasil 2.75 t/ha.

Umur masaknya 79 hari dan memiliki ukuran biji 12.9 g/100 biji. Lalu, serupa dengan galur pertama, yang kedua ini juga agak tahan penggerek dan pengisap polong serta penyakit karat daun.

Menurut hasil penelitian, kedua galur tersebut unggul sejak dalam proses seleksi (900 galur F5) hingga uji daya hasil yakni pendahuluan, lanjutan, dan adaptasi yang dilakukan pada kondisi tercekam kondisi jenuh air. Kondisi jenuh air diberikan sejak tanaman berumur 14 hari hingga fase masak.

VUB toleran kondisi tanah jenuh air dapat dikembangkan pada lahan-lahan basah yang biasa dijumpai pada kedelai yang ditanam pada MH2. Juga di lahan-lahan dengan drainase buruk, atau pada kondisi musim kering basah.

Sumber : Balitbangtan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s