Cara Ampuh Mengatasi Hama Tikus Pada Tanaman Padi

Hama Tikus Dilarang Masuk
Hama Tikus Dilarang Masuk

Tikus adalah hama kedua terpenting pada tanaman padi di Indonesia. Hama ini harus diperhatikan khusus. Karena kehilangan hasil produksi akibat serangan hama tikus sangat tinggi. Usaha untuk mengendalikan tikus ini sudah banyak dilakukan oleh para petani, mulai dari fisik, cara hayati,  sanitasi, kultur teknik, mekanik dan kimia. Tetapi diakui, bahwa dengan cara pengendalian itu bulum optimal, sehingga harapan untuk menekan populasi tikus sangatlah sulit.

Pengendalian hama tikus ini akan terlaksana dengan baik bila petani mempelajari konsep dasarnya dan menguasai berbagai cara pengendalian ke dalam suatu program yang sesuai dengan jenis organisme pengganggu dan ekosistem pertanian di tempat tersebut. Beberapa artikel menyebutkan bahwa hama tikus adalah hama yang pintar dan mempunyai solidaritas yang tinggi dan bergotong royong dan konon katanya kalau Tikus ini memliki seorang Raja yang dimana bila ada pemimpin berarti ada prajurit atau anak buah, bila mau melakukan serangan ke suatu wilayah biasanya tikus pemimpin memerintahkan anak buahnya atau prajuritnya terlebih dahulu untuk maju dan mencoba terlebih dahulu bila di kira nya aman maka semuanya baru masuk menyerang dan merusak, namun bila anak buah atau prajurit tadi mati maka yang lainnya pun tidak berani masuk dan mungkin akan pergi mencari yang aman-aman saja dan tidak berbahaya menurutnya.

Berikut ini akan kami tampilkan beberapa video petani yang berhasil memerangi hama tikus dengan Cara Ampuh Mengatasi Hama Tikus Pada Tanaman Padi. Semoga berkenan dan silahkan disimak beberapa video berikut ini :

Video Pertama ini merupakan salah satu petani dari daerah Pinrang yang berhasil menemukan metode baru yang sederhana dan aman untuk membasmi tikus. Selengkapnya silahkan di simak secara langsung

Video Kedua seorang petani yang menggunakan bahan alami yaitu berupa produk pestisida alami dari RedShield yang dia gunakan untuk menangana hama tikus, kresek, beluk dan sundep. Jika pada petani ini berhasil? bagaimana dengan anda? berikut ini kami tampilkan videonya.

Video Ketiga yaitu sebuah terobosan terbaru dalam penangan hama tikus menggunakan metode Tanaman Perangkap atau yang sering disebut dengan metode TBS. Simak videonya dibawah ini

Video Keempat datang dari seorang pemuda penuh imajinasi yaitu menemukan sebuah alat sederhana yang aman dan pasti dalam mengusir hama tikus dan burung pipit atau emprit. Selengkapnya mengenai alat sederhana yang digunakan dapat dilihat dibawah ini.

Bagaimana menurut anda ? Alternatif cara yang bisa anda aplikasikan pada tanaman padi anda yang diganggu oleh hama tikus yang kerap membuat jengkel anda dan petani disekitar anda. Jadilah seorang yang bijak dan bermanfaat untuk orang lainnya. Pilih dan aplikasikan  Cara Ampuh Mengatasi Hama Tikus Pada Tanaman Padi yang kami berikan, semoga bisa bermanfaat untuk anda dan petani di sekitar anda. Silahkan share jika dirasa artikel ini bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s