Modernisasi Teknologi Gapoktan Sekar Sari sebagai Upaya Percepatan Tanam 2015-2016

IMG_20151227_092203Ciri utama pertanian modern adalah produktivitas, efisiensi, mutu dan kontinuitas pasokan yang terus menerus harus selalu meningkat dan terpelihara. Produk-produk pertanian kita baik komoditi tanaman pangan (hortikultura), perikanan, perkebunan dan peternakan menghadapi pasar dunia yang telah dikemas dengan kualitas tinggi dan memiliki standar tertentu. Tentu saja produk dengan mutu tinggi tersebut dihasilkan melalui suatu proses yang menggunakan muatan teknologi standar.Indonesia menghadapi persaingan yang keras dan tajam tidak hanya di dunia tetapi bahkan di kawasan ASEAN. Mampukan kita memacu pertanian kita menjadi sektor yang sejajar dengan tetangga dan dunia?

Gambaran di atas menunjukkan bahwa sektor pertanian akan tetap penting dalam perekonomian serta tetap berperan dalam pembangunan nasional. Terlebih jika wacana pembangunan yang terintegrasi antara pertanian, industri dan perdagangan dipandang sebagai suatu sistem entity yang utuh. Kaitan yang erat antara pertanian dan industri serta perdagangan senantiasa menuntut berkembangnyabkebijakan pembangunan pertanian yang dinamis sejalan dengan transformasi perekonomian yang sedang terjadi. Dalam suasana lingkungan strategis yang berubah dengan cepat, penajaman arah kebijaksanaan dan perencanaan pembangunan pada masa reformasi menjadi demikian penting.

Dengan mekanisasi pertanian diharapkan efisiensi dan produktivitas penggunaan sumber daya dapat ditingkatkan. Melalui mekanisasi pertanian ketepatan waktu dalam aktivitas pertanian dapat lebih ditingkatkan. Pertanian merupakan kegiatan yang tergantung pada musim. Pada saat musim tanam dan musim panen tenaga kerja yang dibutuhkan sangat besar. Tetapi pada waktu lain tenaga kerja kurang dibutuhkan dan ini mengakibatkan terjadinya pengangguran tak kentara. Dengan mekanisasi pertanian semua aktivitas pertanian dapat diselesaikan denganlebih tepat waktu sehingga memberikan hasil yang lebih baik, di samping itu penggunaan alat dan mesin pertanian dapat juga mengurangi kejenuhan dalam pekerjaan petani dan tenaga kerja dapat dialokasikan untuk melakukan usaha tani lain atau kegiatan di sektor lain yang sifatnya lebih kontinyu.

Ulasan diatas menjelaskan pentingnya suatu wadah sekelompok petani dalam mengikuti perkembangan inovasi teknologi supaya dapat bersaing dan memanfaatkan sumber daya dengan seefisien. Sehingga Program Percepatan Tanam dapat berjalan dengan baik. Berikut ini adalah beberapat Modernisasi Teknologi Gapoktan Sekar Sari sebagai Upaya Percepatan Tanam 2015-2016 yang dimiliki oleh Gapoktan Sekar Sari Desa Pangean Kecamatan Maduran, Kabupaten Lamongan Jawa Timur untuk menunjang program Percepatan Tanam 2015-2016.

Mesin Panen Kacang Hijau
Mesin Panen Kacang Hijau

 

Gapoktan Sekar Sari memiliki 10 buah Hand Traktor
Gapoktan Sekar Sari memiliki 10 buah Hand Traktor

 

Mesin Pemanen Padi (Harvest Cutting) Hibah dari Pemprov Jatim Tahun 2014
Mesin Pemanen Padi (Harvest Cutting) Hibah dari Pemprov Jatim Tahun 2014

 

Mesin Penanam Padi Merk Kubota Untuk Mempercepata Tanam Padi
Mesin Penanam Padi Merk Kubota Untuk Mempercepata Tanam Padi

 

Hand Traktor Merk Quick
Hand Traktor Merk Quick

Semoga bermanfaat artikel mengenai Modernisasi Teknologi Gapoktan Sekar Sari sebagai Upaya Percepatan Tanam 2015-2016.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s